Sumber sumber pesanan kamar di hotel


            Sumber pesanan merupakan asal atau sumber penghasilan dari suatu hotel yang menentukan tingkat hunian kamar dan sebagai penentu bahwa hotel tersebut memiliki kualitas yang baik.
1. Per-orangan (Individual)
Merupakan sumber pesanan yang melakukan pesanan secara individual tanpa membutuhkan perantara dari orang lain dan melakukan segala aktifitas mereka sendiri karena tidak ingin terikat dengan waktu yang menentukan dalam artian ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan maka tidak banyak kerugian atau biaya yang dikeluarkan.
 2. Biro atau Travel agent (Agen Perjalanan)
Adalah sumber pesanan yang menangani masalah perjalanan dan penginapan bagi tamu yang ingin mendapatkan kenyamanan dan kelengkapan saat berwisata. Terkadang ada kerugian yang didapatkan ketika terjadi hal yang tidak diinginkan (kerabat yang meninggal atau semacamnya) maka biaya yang telah keluar tidak bisa ditarik lagi terkecuali bagi tamu yang memang sudah melakukan negoisasi sebelumnya dengan biro tersebut.
3. Perusahaan Penerbangan
Perusahaan penerbangan suatu sumber yang biasanya melakukan liburan sekali dalam beberapa tahun tetapi biasanya kamar yang dipesan berkisaran antara puluhan bahkan ratusan sehingga memberikan keuntungan bagi hotel.
4. Perusahaan lain (Coorporate)
Perusahaan lain atau perusahaan swasta atau perusahaan milik negara (Coorporate) adalah salah satu sumber pesanan yang terbilang umum karena meraka bukan hanya satu jenis perusahaan tetapi banyak jenis diantaranya perusahaan kantoran, bank, tambang dan sebagainya dan biasanya menggunakan Coorporate Rate.
5. Kantor pemerintahan
Sumber pesanan yang termasuk kelas VIP dan VVIP biasanya mereka adalah pejabat pejabat tingkat tinggi seperti mentri, presiden, walikota, bupati dan pejabat penting lainnya.
6. Jaringan Hotel Sejenis (Chain Hotel) maupun hotel yang lain
Sumber pesanan ini sangat jarang ditemukan karena biasanya mereka tamu yang kehabisan kamar dari hotel lain sehingga mereka harus mencari hotel lain dan adapula mereka juga adalah tamu yang berasal dari jaringan hotel sejenis (Chain hotel) contohnya adalah Accord dari Prancis yang memiliki banyak jaringan hotel di seluruh dunia.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer