Pencatatan dan Pengolahan data pesanan pada reseption
Cara pencatatan
dan pengolahan data pesanan
Apabila tamu yang menetapkan untuk tinggal di hotel kita, maka petugas pelayanan
pemesanan kamar mencatat selangkapnya data data yang diperlukan di dalam
formulir diantaranya yaitu:
A. formulir pemesanan kamar
formulir ini merupakan formulir yang harus di isi pertamakali oleh petugas. Kolom kolom ini
disediakan untuk menacatat adalah:
1. Date, arrival and departure date
2. Kind and price of room (harga dan jenis kamar)
3. Guest name
4. Registration
Identification
5. Payment (cara pembayaran)
6. Name of reservatin clerk
7. Followed up date of reservation (tanggal pembuatan reservasi)
8. Booking status (Confirmed, Tative and waiting list)
9. Contack person
10. Special request
11. Acc. Instruction (Penanggungjawab payment)
Beberapa
manfaat formulir pemesanan kamar:
1. Petunjuk dan sekaligus pengingat tentang data-data yang harus dikumpulkan dari pemesanan.
2. Bahan dasar untuk melaksanakan prosedur selanjutnya.
3. Arsip tertulis yang dapat dipergunakan bila sewaktu waktu diperlukan
Catatan: untuk memudahkan mencari kembali formulir ini disimpan didalam arsip
(Filing Cabinet) secara berurutan berdasarkan tanggal kedatangan tamu.
B. Buku
harian (Daily book)
Dimaksud untuk mencatat nama nama tamu yang diharapkan akan datang ke hotel
berdasarkan imformasi tertulis dari formulir pemesanan kamar. Buku ini
dikerjakan setiap hari di dalam praktek buku ini dapat berupa lembaran lembaran
formulir yang terlepas.
Pengisian buku harian sebaiknya dilakukan pada malam hari saat kemungkinan
untuk menerima tambahan pemesanan kecil sekali kemudian diserahkan atau
disimpan dibagian penerimaan tamu. Untuk memudahkan mencari nama tamu maka nama nama tersebut disusun
berurutan berdasarkan abjad kemudian masing masing lembaran buku harian disusun
secara berurutan berdasarkan tanggal kedatangan tamu. Imformasi yang ada
didalam buku harian antara lain:
1. Arrival Date
2. Guest name
3.
Length of stay
4.
Reservation date
5. Room total
6. Room rate
7. Number of room
8.
Keterangan lain yang perlu
mendapat perhatian khusus
C. Formulir
jumlah pesanan (density chart atau conventional chart)
Dipergunakan untuk mengetahui masih ketersediaan kamar yang dapat disewakan.
Density chart dan Conventional chart agak berbeda sedikit antara satu dengan
yang lainnya berikut penjelasannya:
1. Conventional Chart
Setiap terjadi pemesanan kamar dalam jumlah dan jenis kamar serta lamanya
tamu akan menginap akan diacatat didalam formulir ini. Caranya yaitu dengan
membuat garis lurus yang dibatasi tanda panah (<------>)
dari tengah-tengah tanggal kedatangan ke tengah-tengah
tanggal keberangkatan pada nomor kamar yang dipesan diatas nama
tersebut nama tamu yang akan datang. Pencatatan dilakukan dengan
menggunakan pensil sehingga apabila ada pembatalan atau perubahan dapat
dengan mudah dihapus.
2. Dencity Chart
Pada hotel menengah atau hotel besar yang masih menggunakan sistem manual
dan semi otomatis awalnya mempergunakan tabel pemesanan kamar yang berbentuk
Density/Room Control Sheet, namum sekarang ini sudah sangat jarang digunakan
karena sudah digunakannya sistem komputer perhotelan. Pengisian dilakukan dengan mempergunakan pensil,
mempergunakan tanda strip ( / ) dengan catatan setiap satu reservasi posisi
strip harus berbeda agar supaya penghapusan lebih mudah, pengisian dimulai dari
tanggal tiba sampai satu hari sebelum berangkat, pengisian dimulai garis
mengikuti tempat yang kosong dibawah tempat yang sudah terisi, pada chart tidak
perlu diisi tanda panah atau penulis nama seperti halnya pada conventional
chart, bila terjadi pembatalan dengan cara menghapus tanda garis mulai tanda
yang paling akhir.
D. Surat komfirmasi dan penolakan
Langkah
langkah terakhir dari prosedur pelayanan pemesanan kamar adalah mmemberikan
surat konfirmasi pada pemesan sebagai bukti bahwa pesanan telah benar benar
disetujui.
Data data yang terkandung dalam formulir ini adalah:
1. Identitas hotel
2. Tanggal pesanan diterima
3. Nama tamu
4. Jumlah dan jenis kamar serta tarif
5. Tanggal kedatangan
6. Cara pembayaran
Pengiriman surat konfirmasi biasanya dilakukan apabila cukup waktu yang
tersedia bagi perjalanan surat diantar tanggal pemesana dan tanggal
kebarangkatan tamu menuju hotel kita. Pada zaman ini pengiriman Confirmation
Letter dilakukan dengan menggunakan E-mail dan Fax lebih mudah dan tidak
menggunakan banyak biaya serta waktu yang relatif singkat.
Komentar
Posting Komentar