Teknik melayani walking guest di reception


1.      Ketika tamu sedang berada di reception hal pertama yang dilakukan adalah Greetings kemudian menawarkan bantuan ( ketika tamu menanyakan sedang mencari kamar ) tawarkan jenis kamar serta jumlah yang diinginkan ( INGAT : menawarkan kamar mulai dari harga yang lebih tinggi bukan harga yang paling tertinggi ) setelah itu tanyakan lamanya nginap ( sebelum mengatakan ia terlebih dahulu check jumlah kamar yang bisa dijual hari itu dan dan kamar yang Out of order) terkadang ada juga tamu yang ingin showing room terlebih dahulu.

2.      Jika tamu sudah mengatakan ingin menginap isilah formulir tamu di Guest Registration Form minta KTP atau passport atau tanda pengenal asli dari tamu tersebut.


3.      Setelah mengisi mengisi formulir tanyakan metode pembayaran tamu. Metode pembayaran biasanya berupa cash, debit, credit card dan city ledger. Jangan lupa untuk memberikan kwitansi kepada tamu.

4.      Jika tamu telah melakukan payment jelaskan mengenai kamarnya, fasilitas yang ada dalam kamar tersebut, fasilitas hotel, nomor extention yang dihubungi jika ada keperluan lain serta hal yang menyangkut hotel.


5.      Kemudia tanyakan apakah mereka sudah siap ke kamar, jika ia maka berikan guest passport, breakfast coupon dan kunci kamar (jangan lupa untukk mengisi guest passport and breakfast coupon setelah mengisi formulir tamu)

6.      Kemudian panggillah bellboy untuk mengantar tamu kekamar (ketika tamu hendak kekamar adakalanya sebagai reseption ucapkan terima kasih kepada tamu karena telah menginap di hotel dan walaupun jika tamu tersebut tidak jadi untuk menginap ucapkanlah terima kasih.

7.      Setelah tamu tersebut kekamarnya mulailah untuk mengisi data-data tersbut di dalam komputer.

Komentar

Postingan Populer